Hah..??? NAZI? nggak salah tuh? itu kan partai terlarang dari Jerman itu? iya memang benar, NAZI adalah partai beraliran keras yang dipimpin oleh seorang diktator kejam bernama Adolf Hitler. tapi sekarang saya bukan mau bercerita tentang bagaimana kejamnya pemerintahan Hitler terhadap kaum Yahudi dengan Holocaust-nya, atau bagaimana kedigdayaan NAZI pasca PD I dengan tentara SS-nya, namun saya hanya akan bercerita tentang ketertarikan saya terhadap sejarah perang dunia I dan II, terutama yang berhubungan dengan rezim NAZI.

hitler-spy-web.jpg

Jadi ceritanya begini, bulan2 sekarang ini sebenarnya saya sedang meng-kampanye-kan kepada diri saya sendiri untuk mulai meningkatkan minat baca, salah satunya ya dengan mulai mengunjungi toko buku. suatu ketika saya pergi ke sebuah toko buku yang ada di Jatinangor Town Square (JATOS), tadinya sih niatnya mau mencari buku2 yang berhubungan dengan kuliah, yah minimal yang berbau2 kesejahteraan sosial lah. namun ternyata koleksi di toko tersebut belum se-lengkap di Palasari, jadi agak susah mencari buku yang dimaksud. ya akhirnya saya melihat2 saja ke sekeliling toko buku, disana ada bagian yang menjual buku2 tentang sejarah perang dunia dan politik luar negeri. sepertinya saya memang lebih tertarik dengan buku2 semacam ini. ada banyak buku yang menarik minat saya, namun ada 2 topik utama yang menjadi fokus saya, yaitu tentang konflik Iran VS Amerika dengan sejarah2 masa perang dunia, terutama rezim NAZI.

Setelah berpikir2 (menyesuaikan dengan keuangan), akhirnya saya membeli buku yang berjudul “Adolf Hitler and holocaust”, saya penasaran saja bagaimana sih kisah pembantaian ras Yahudi di Eropa itu. setelah saya baca2 ternyata menarik sekali kisah yang diceritakan, sejak saat itu saya makin penasaran dengan kisah2 tentang rezim sang fuhrer Hitler. setiap online saya pasti tidak pernah melewatkan untuk membaca2 artikel di wikipedia tentang NAZI. memang kisah tentang NAZI sangat menarik untuk di ikuti.

Dengan modal rasa penasaran tadi seminggu setelah saya membeli buku pertama, saya pergi lagi ke Jatos untuk melihat2 buku2 yang lain, namun sekarang saya masuk ke toko buku yang berbeda. ternyata saya tidak salah masuk toko buku, di toko yang ber-inisial TISERA ini (ups koq disebutin namanya…🙂 ) ternyata banyak sekali judul buku yang berhubungan dengan Hitler dan NAZI-nya. bagi yang penasaran akan kisah Hitler dan NAZI sudah pasti disinilah surganya. cukup lama saya melihat2 di toko ini, soalnya cukup banyak buku yang saya cari yang ada di sini. saya baca satu persatu review singkat yang berada di sampul belakang tiap buku. wahhh… rasanya bingung saya harus membeli buku yang mana. hampir semua buku yang ada bisa memuaskan rasa penasaran saya.

SAMPUL BUKU “MEIN KAMPF” VERSI INDONESIADari sekain banyak buku, ada satu buku yang sepertinya wajib saya beli, judulnya “MEIN KAMPF” yang ditulis oleh orang nomor satu di NAZI, yaitu Adolf Hitler sendiri. menurut saya inilah must have item bagi pemburu kisah NAZI. dalam buku ini Hitler menceritakan ide2 gilanya tentang pemurnian ras yang diwujudkan dengan pembantaian terhadap kaum Yahudi yang disebut “holocaust”. namun sayangketika saya mengecek keuangan di dompet, ternyata saya belum memungkinkan untuk membelinya sekarang. maklum harga yang dipatok cukup mahal yaitu 75.000 rupiah (sepertinya ini edisi cetakan pertama, karena setelah saya cek harga cetakan selanjutnya yaitu Rp. 100.000). wah saya harus berpikir ulang untuk membeli buku ini, kalau dipaksakan bisa2 saya tidak makan 5 hari kedepan🙂 . dengan berat hati saya membatalkan membeli buku tersebut. sebagai pengobat rasa penasaran saya akhirnya memilih buku lain yang lebih murah. pilihan jatuh ke buku yang berjudul “inside the death camp”, buku ini mengisahkan penderitaan anak2 korban holocaust di kamp-kamp konsentrasi (kematian). memang harganya jauh lebih murah, sehingga saya sanggup membeli buku yang satu ini.

Dengan batalnya saya membeli buku “Mein Kampf” bukan berarti minat saya berhenti, saya hanya menunda keinginan saya saja. suatu saat jika keadaan keuangan sudah memungkinkan saya pasti akan membeli buku yang pernah menjadi “kitab suci NAZI” ini. buku ini pernah dilarang beredar ketika Jerman baru mengalami kekalahan dari sekutu seiring dibubarkannya partai NAZI.

Selain “Mein kampf” ada beberapa daftar buku yang menjadi “waiting list” untuk saya beli, diantaranya “Benarkah Nazi Membantai Yahudi?”, “Waffen-SS, Mesin Perang Nazi”, “The Death of Adolf Hitler” , “The Mass Killer of The Twentieth Century” dan masih banyak lagi. juga ada beberapa buku yang tidak secara langsung mengisahkan NAZI namun masih ada hubungannya seperti kisah penyerbuan di pantai Normandy oleh sekutu terhadap tentara Jerman.

Sebagai pemeberitahuan saja, saya mempunyai minat dan keinginan untuk memiliki buku2 NAZI bukan berarti saya senang/penganut akan ideologi mereka, saya tegaskan SAYA BUKAN PENGANUT NEO-NAZISME, saya hanya tertarik akan sejarahnya dan penasaran akan kekejian yang mereka lakukan terhadap umat manusia di Eropa. yah hanya sebatas itu, saya bukan orang penganut ideologi tertentu, saya hanya cukup tahu saja. itu saja. (intinya saya orang netral koq!!).