Tadi siang tepatnya sekitar jam 11an saya pergi jalan2 ke Jatos (lagi) dan seperti biasa tujuan utama ya ke toko buku. kepergian saya sekarang memang ada tujuannya yaitu membeli sebuah buku yang sudah lama saya incar. judul bukunya yaitu “For God and Country” karya James Yee. yah lumayan lah mumpung saya sedang ada uang (minta tepatnya) dari orang tua, jadi sebelum terpakai untuk kebutuhan lain mending untuk beli buku aja (cie…sok kutu buku!!!)

jpgtmqerf3xfg.jpgBuku ini sebenarnya bisa dibilang sebuah otobiografi dari seorang James Yee. siapa itu James Yee? Yee adalah seorang perwira militer di lingkungan US Army (angkatan darat AS), pangkatnya adalah kapten. James Yee adalah satu di antara sedikit dari perwira AS yang memeluk agama islam alias muslim. pada awalnya karirnya di militer cukup lancar, ia sendiri merupakan lulusan dari “West Point” yang merupakan akademi militer terbaik di AS sana. ia masuk Islam pada tahun 1991, setelah itu pria keturunan Cina ini pergi ke damaskus untuk mempelajari islam. setelah ia pulang kemudian ia memutuskan untuk masuk korps Chaplain atau pemuka agama di lingkungan militer. James Yee merupakan seorang patriot yang setia membela negara dan ia juga seorang pemuka agama yang cinta akan Tuhan-nya.

Kehidupan Yee awalnya memang baik, tidak ada masalah maupun tekanan dari manapun, karena itu pula ia dengan yakin masuk ke dinas militer, karena menganggap Amerika merupakan negara yang dapat memeberikan kebebasan dan kesejahteraan bagi setiap warga negaranya tanpa memandang latar belakang maupun agamanya. namun kehidupannya berubah setelah muncul isu (kampanye) anti terorisme (anti islam tepatnya) setelah tragedi 11 september 2001 yang menghancurkan menara kembar WTC yang disinyalir dilakukan oleh kelompok2 teroris islam garis keras.

Semenjak tragedi WTC itu Yee kerap kali mendapat perlakuan yang tidak wajar, diskriminasi bahkan fitnah. banyak hal2 tidak adil yang dialaminya, seperti pemeriksaan yang berlebihan dari aparat2 di amerika karena ia seorang muslim, bahkan mereka tidak menghiraukannya sebagai perwira di militer AS yang seharusnya disegani. puncak dari ketidakadilan yang dialaminya ialah penahanannya yang tanpa tuduhan yang jelas di penjara Guantanamo. penjara itu merupakan penjara mengerikan di daerah amerika latin yang oleh AS digunakan sebagai penjara khusus teroris yang kebanyakan tahanannya di tahan tanpa proses peradilan yang jelas.

Penahanan Yee sungguh sangat ironis dimana amerika yang menggembar-gemborkan sebagai negara yang liberal dan menjunjung tinggi hukum melakukan penahanan tanpa proses peradilan yang jelas, apalagi bagi James Yee yang seorang Perwira yang bersumpah setia kepada negaranya. Yee mencintai Tuhan dan negaranya, namun salah satunya telah memenjarakannya. pada akhirnya memang Yee di vonis bebas, namun apa yang telah menimpanya telah menghancurkan hidupnya, karirnya dan reputasinya. setelah ia kembali ke militer, ia mendapat perlakuan yang berbeda dari lingkungannya karena adanya konspirasi anti muslim yang sedang menghangat di Amerika Serikat.

Sejujurnya saya belum bisa bicara banyak mengenai buku ini, karena memang saya baru membelinya sekitar 4 jam yang lalu dan belum sempat saya baca, pemaparan saya diatas baru berdasarkan resensi dan review dari beberapa media di internet. Secara fisik buku ini juga bagus, dikemas dengan hard cover dan double cover (ada sampulnya lagi). bukunya sendiri cukup tebal, sekitar 355 halaman, harga di pasaran sekitar 70.000 Rupiah. mungkin saya juga sama seperti anda, sangat penasaran terhadap isi buku ini. mungkin saya akan memulai membacanya nanti malam dimana semua pekerjaan sudah selesai dikerjakan.