Pernah suatu hari, ketika pagi2 saya mau manasin motor saya ditegur karena langsung menyalakan motor dengan electric starter, bukan diselah dengan engkol. Katanya itu bisa merusak mesin karena si oli belum bersirkulasi dalam mesin tapi langsung dinyalakan.

Memang sih ada “mitos” seperti itu, jadi kalau pagi2 mau manasin mesin, sebelum dinyalakan harus diselah dulu engkolnya beberapa kali agar oli muter dalam mesin, baru deh dinyalain. Memang logis dan ada benarnya juga, tp kenapa saya sebut mitos? Ya karena tidak wajib juga sih, kalo memang wajib, apa kabar mesin mobil yg ga ada engkolnya? Pastinya kalau mau manasin ya langsung starter, atau motor2 tanpa engkol kayak Pulsar atau moge. Si pabrik juga pasti sudah memperhitungkan lah resikonya, kalau emg sama sekali wajib engkol dulu, dijamin si mesin tanpa engkol pasti cepet rusak, tp buktinya ngga tuh.

Kalau buat saya sih yang penting ketika dipanaskan, mesin dalam kondisi idle/langsam, jangan langsung digeber2, kalau mesin dingin langsung digeber, insya Allah cepet rontok tu mesin :p

Dikirim dari perangkat Android