Oke, tulisan ini membuka topik baru diblog ini, yaitu tentang musik country. Sebenarnya saya mulai suka musik country ini udah cukup lama, secara intens mungkin sudah setahun lebih, tapi baru sekarang saya curahkan di blog ini, sebelumnya saya sudah pernah menulis beberapa post tentang country di blog sebelah (yang sayangnya sudah punah berbarengan dengan habisnya masa hosting).

Oke, kita cerita dari awal… seperti yang sudah diceritakan tadi, saya memag mulai intens menggemari dan mendengarkan musik country ini setahun lalu, tp kalau dihitung menyukai beberapa lagu country mungkin sudah lama, sejak saya SMP atau SMA, tapi saat itu biasanya saya tidak sadar kalau lagu2 tersebut adalah lagu country.

Waktu kecil, sekitar tahun 1994-an bahkan saya sudah menggemari lagu “I Still Believe In You” punya Vince Gill dan baru sadar itu adalah lagu country ya sekarang2 ini, kemudian lagu2 dari Faith Hill, LeAnn Rimes dan Shania Twain jg menjadi kegemaran saya di akhir 90an dan awal  2000an yang ternyata adalah lagu2 country.

Saya mempelajari musik country ini secara otodidak, tidak begitu banyak sharing dengan orang lain sesama penggemar country atau musisi country, kebanyakan pengetahuan yang saya dapat sekarang hasil “ngulik” sendiri, cari tahu sendiri dari internet. memang terkadang ada sesekali saya berdiskusi dengan beberapa orang yg lumayan rada ngerti dan suka country jg, tp tidak begitu sering.

Nah, karena otodidaknya itu kebanyakan saya “Baru tau”-nya sekarang2, baru tau kalau lagu ini ternyata yang nyanyinya si itu, ternyata lagu itu judulnya anu, dll. jika dibanding dengan para ‘sesepuh’ musik country saya tentu tidak ada apa2nya, saya hanya newbie yang belum lama mengenal genre musik ini.

Terus terang, saya lebih menyukai jenis musik country klasik atau beberapa orang menyebutnya (old school country). menurut saya jenis musik ini bener2 kerasa country-nya dibanding dengan genre2 country baru yang sedang booming saat ini seperti alt. country atau new country dengan nama2 artisnya yang tidak asing seperti Taylor Swift, Carrie Underwood atau Rascal Flatts. musik country klasik ini memang bagi sebagian besar orang terdengar membosankan, kuno, dst. tapi namanya selera ya tetap saja buat saya masih terdengar cukup enak🙂

Selain Old School Country, saya juga menyukai beberapa sub-genre yang merupakan turunan atau berkaitan dengan country seperti bluegrass, amerikana dan folk music.

Hmm… sekian dulu deh cerita2 tentang musik country-nya, lain kali saya sambung lagi, entah kenapa tiba2 kepala ini buntuk untu bercerita🙂

 

sampai jumpa.