Contoh ambigram bertuliskan nama saya

Contoh ambigram bertuliskan nama saya

Apa yang terpikir oleh anda melihat gambar diatas? biasa aja? ya memang tampak biasa saja sih, cuma gambar kaligrafi bertuliskan nama saya, “HIELMY”. Tapi ini bukan kaligrafi biasa, ini namanya Ambigram. Ambigram adalah suatu seni kaligrafi dimana gambar yang dihasilkan bukan hanya bisa dibaca dari satu arah, tetapi dari arah kebalikannya (diputar), tidak percaya? coba saja anda unduh gambar diatas (klik gambarnya untuk memperbesar) kemudian buka dengan editor gambar, lalu putar 180 derajat, pasti akan membentuk tulisan yang sama, yaitu nama saya. nah itulah uniknya ambigram. tapi tulisan yang dibaca kebalikannya itu tidak harus selalu tulisan yang sama loh, bisa juga beda, yang penting dapat terbaca.

Awalnya saya tidak tau apa itu ambigram, semalem saya chatting dengan teman saya Ardian, dia lagi tertarik sama seni satu ini, kemudian dia mengirimkan contoh sketsa ambigramnya yang dibuat secara manual dengan pensil di kertas, saya liat awalnya biasa aja, pas diputar.. ooo baru saya ngerti🙂. sebelum mengakhiri percakapan dia menwarkan membuatkan ambigram nama saya, sekalian belajar katanya. tadi pagi dia kirimkan hasil sketsanya, wah bagus juga. tapi namanya juga sketsa masih belum rapi, makanya saya coba untuk rapikan dan dibuat dengan format vector. sketsa tadi saya masukan ke Inkscape, kemudian di dijiplak dengan menggunakan line tool, dan akhirnya jadi deh sebuah file vector (.SVG) dari hasil sketsa tadi, kalau sudah format vector kan enak, lebih fleksibel dan bisa “diapa-apain”.

Proses "penjiplakan" sketsa dari kertas ke bentuk vector

Proses "penjiplakan" sketsa dari kertas ke bentuk vector

Seni ambigram unik juga, kreatif kalau saya bilang, karena selain harus berimajinasi bagaimana membuat suatu artwork yang “nyeni” juga harus memikirkan bagaimana bentuknya agar ketika diputar masih bisa berbentuk tulisan yang dapat dibaca pula, hebat lah…thanx buat Ardian udah bikinin ambigram nama saya. kamu emang berbakat😛