Dasar mahasiswa pengangguran! setelah kemarin nggak ada kerjaan menginstal solaris padahal megang server pun belum pernah, sekarang semakin iseng saja dengan mendownload IDE alias aplikasi pengembangan perangkat lunak terintegrasi, padahal saya sama sekali tidak mengerti bahasa pemrograman, hehe….😀

IDE yang saya coba kali ini adalah Qt creator. Bagi yang sehari2 menggunakan Linux pasti sudah tidak asing donk dengan Qt ini! Qt (baca:cute) adalah user interface toolkit  untuk membangun antarmuka suatu aplikasi. contoh aplikasi paling sukses yang menggunakan Qt adalah KDE, KDE adalah lingkungan desktop untuk Linux dan Unix, seluruh antarmuka desktop plus segala aplikasi yg dibawanya menggunakan Qt. karena Qt hanyalah toolkit untuk interface, maka dalam mengembangkan sebuah aplikasi biasanya memerlukan lebih dari satu aplikasi, Qt designer untuk mendesain tampilannya (GUI) dan IDE lain untuk pemrogrammannya misalnya KDevelop.

Tampilan Form Editor di Qt Creator

Tampilan Form Editor di Qt Creator

Qt Creator adalah sebuah IDE ringan (gitu sih kata pembuatnya) yang mengintegrasikan Qt Designer plus C++ code editor, sehingga jika anda ingin membuat aplikasi berbasis Qt hanya butuh satu aplikasi ini saja, sehingga lebih terintegrasi dan mudah dalam pengembangannya. faktor ketertarikan saya akan program ini bukan karena ada fitur yg menarik atau semacemnya (karena memang nggak ngerti),  tapi yang menarik perhatian saya justru adalah tampilannya. user interface Qt Creator ini begitu bagus, apalagi di lingkungan Linux sangat jarang mendapati aplikasi yang bertampang bagus.

Setelah mengunduh dari situsnya, saya langsung coba, wah ternyata asik juga! seandainya saya ini programmer pasti betah pakai ini, walaupun dari sisi fitur masih dibawah IDE lainnya (apalagi dibandingkan dengan Visual Studio, jauh!) tapi karena labelnya jg lightweight jadi bisa dimaklum. nah berhubung saya gak bisa koding, tidak mungkin donk saya bikin aplikasi dari awal, maka dari itu saya cari satu aplikasi open source yg bisa saya oprek, dan ketemu lah QamIDEN yang selanjutnya bertransformasi menjadi KamusQu setelah saya permak.🙂

KamusQu

Dari hasil ngoprek2 itulah lahirlah sebuah aplikasi (yang tidak begitu) baru bernama KamusQu. KamusQu adalah program yang berfungsi sebagai penterjemah dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya. aplikasi ini dikembangkan dari QamIDEN yang berfungsi serupa. Secara fungsi kedua aplikasi ini tidak jauh berbeda, apalagi saya tidak banyak ngoprek di kodingnya, saya hanya mendesain ulang antarmukanya (UI) agar lebih intuitif (menurut saya) dan penggantian icon. selain itu, untuk memudahkan pengguna awam, aplikasi KamusQu menggunakan Bahasa Indonesia, jadi biar ketahuan kalau ini karya anak negri🙂

Tampilan KamusQu dengan latar Qt Creator code editor

Tampilan KamusQu dengan latar Qt Creator code editor

Pemilihan nama KamusQu ini bukan tanpa alasan loh…. secara harfiah sudah bisa ditebak apa artinya, selain agar namanya terdengar lebih Indonesia. lalu kenapa bukan “kamusku”? karena ini dibuat dengan Qt toolkit, biar agak keliatan identitasnya, maka disisipkan huruf ‘Q’ ditengahnya. utuk database kamusnya KamusQu mengambil dari database SATUVisi Indict, kenapa? karena program QamIDEN mengambil database dari Indict dan merubahnya kedalam format SQLite yang digunakan oleh QamIDEN dan KamusQu sekarang.

KamusQu berlisensi GPL seperti induknya (QamIDEN), karena sesuai peraturan lisensi, aplikasi GPL boleh digunakan, dibagikan, disalin dan dimodifikasi secara bebas selama masih menyertakan kode sumber dan dokumentasi lisensi GPLnya itu sendiri. maka dari itu saya merilis KamusQu dengan lisensi GPL.

Karena ini cuma iseng2 saja, jangan terlalu berharap banyak akan fitur2 yang akan disediakan, apalagi saya tidak banyak nyentuh code C++nya, fiturnya hanya standar penterjemahan kata/frase dari bahasa Inggris ke Indonesia atau sebaliknya, itu saja. jika anda tertarik silahkan download berkas binary-nya yang dikompilasi untuk platform Linux, tidak usah di install, tinggal jalankan saja. untuk platform lain saya tidak bisa mengkompilasinya karena segala keterbatasan, maka dari itu saya berikan source code-nya untuk dikompilasi sendiri atau lebih bagus dikembangkan lebih lanjut, namanya jg open source🙂

Semoga bermanfaat! *walaupun hasil iseng*🙂

Download KamusQu:

Linux Binary (database included): Download (8.44 MB)

Source Code (database not included): Download (32 KB)

KamusQu di Google code: disini