Berhubung saya ini orangnya termasuk “new version horny” *halah..istilah baru* alias mudah tergoda kalau liat versi terbaru dari suatu software, jadi rasanya gatal aja pengen update kalau liat versi terbaru sudah tersedia, padahal belum tentu butuh sih😛

Proses download paket kernel dari internet

Proses download paket kernel dari internet

Iseng2 liat update manager di Ubuntu eh ternyata udah ada beberapa paket yang sudah tersedia updatenya! tapi diliat2 sih nggak semuanya penting buat saya, malah beberapa ada yg nggak ngerti sama sekali fungsinya buat apa, tapi yg paling menggoda tentunya adalah update kernel😀 di repo sudah tersedia kernel versi 2.6.27-11, sebelumnya di PC saya sudah terinstall versi 2.6.27-9. walaupun saya juga gak begitu ngerti apa saja yang berubah dari update ini, tapi yg penting di install saja, siapa tau memang ada perubahan signifikan, minimal bugfix dari versi sebelumnya.

Update kernel selesai, setelah terinstall sistem saya sekarang memiliki 2 kernel, yg versi update dan versi sebelumnya, tapi saya pikir ngapain juga nyimpen dua kernel gitu, akhirnya kernel lama saya hapus, jadi sekarang praktis saya pakai kernel yang baru untuk komputer saya.

Update selanjutnya adalah Virtualbox. baru sekitar 2 minggu lalu saya install Virtualbox 2.1.0 yang telah mendukung openGL, eh sekarang udah ada yg versi 2.1.2. wah langsung saja saya download dari situsnya dan buru2 install di komputer. tapi pas diliat2 nggak ada perubahan berarti sih di versi ini, tidak seperti sebelumnya yang menambahkan fitur2 baru seperti dukungan terhadap aplikasi 3D, dll. di versi ini hanyalah perbaikan beberapa bug yg ada sebelumnya, tapi nggak apa2 lah, yang pasti versi baru biasanya memberikan yang lebih baik.

Nah kebetulan pas iseng2 mampir ke openoffice.org ternyata versi terbaru dari OpenOffice sudah tersedia, yaitu versi 3.0.1, di komputer saya terinstall versi 3.0. kemungkinan besar sih nggak ada perubahan signifikan disini, tidak seperti lompatan dari versi 2.4 ke 3.0 yang punya penambahan fitur dan perubahan tampilan yang cukup terasa seperti dukungan terhadap file Ms Office 2007, di edisi terbaru sekarang paling hanya beberapa bugfix saja (sama seperti diatas). rencananya malam ini saya akan mengunduh openoffice versi terbaru, semoga koneksinya lagi lancar, biar nggak terlalu lama downloadnya.

Untuk urusan update memang tiap orang punya “gaya”nya sendiri, ada yg nggak gampang tergoda dan cenderung pakai versi yg stabil daripada yg terbaru (terbaru belum tentu stabil loh!), ada juga yg “terlalu mudah tergoda” dengan versi baru, sampai2 versi beta atau versi percobaan pun di embat juga. kalau saya sih milih yg versi terbaru tapi dengan status “release” atau “stable” bukan yg versi beta atau percobaan, soalnya ngapain juga buru2 tapi masih banyak bug, mending sabar dikit tapi sudah layak pakai. makanya saya nggak tergoda buat coba Ubuntu 9.04 yg masih beta maupun kernel terbaru (katanya sih udah versi 2.6.28-3) yg belum tentu stabil. tunggu saja tanggal mainnya, nanti juga keluar sendiri🙂.