Sebelum berpikir lebih jauh, saya kasih tau dulu kalau dalam tulisan ini saya tidak akan membahas bagaimana spesifikasi server Facebook, yang ada justru saya mau bertanya, cuma bingung ngasih judulnya apa.๐Ÿ˜€

Tau Facebook kan? tau donk! apa? nggak tau? harrrrreeee geneee??? gak gawool kalo ga tau. nah seperti kita tau yang namanya Facebook itu adalah situs social networking terbesar didunia dan yang paling penting itu TERCANGGIH! bagaimana tidak, facebook ini mempunyai fitur yang sangat banyak dan kompleks, bisa terhubung ke apapun, blog, microblog, mobile, dll lah… dan semuanya dikemas dengan kemasan yang sangat canggih, rapi, dan elegan. salut buat facebook.

Server Farm Facebook

Server Farm Facebook

Nah yang bikin saya penasaran itu seperti apa sih servernya? bayangkan saja yang dikerjakan server itu bukan cuma melayani query dan request buat halaman facebook aja, tapi ada foto, video, email, chat, advertisments, dll. suatu hari saya pernah baca laporan dari facebook engineer bahwa server mereka melayani 2-3 terabyte upload foto perhari, menampilkan 300.000 foto perdetik, dan mengelola lebih dari 15 milyar foto. bayangkan! itu baru urusan foto saja, belum email, tiap ada satu update dari facebook, ia mengirim email notifikasi kepada penggunanya, saya saja dalam 1 hari bisa lebih dari 100 email, kalikan saja dengan ratusan juta pengguna facebook!

Oke mungkin contohnya masih kurang, saya kasih contoh lagi nih, server chat facebook melayani berapa juta member yg online pada saat itu? belum lagi harus ada server yg mengurusi urusan messaging internal dalam FB, belum server yang menyimpan dan menayangkan video yg di upload, kemudian iklan yang selalu tampil di sisi kanan itu pasti butuh server tersendiri. wah… pokoknya banyak deh!

Yang bikin saya salut banget itu walaupun servernya berada di luar negri tapi aksesnya dari Indonesia bisa dibilang relatif cepat, padahal yang di load itu bukan halaman biasa, tapi halaman web dinamis dengan script yang cukup rumit (js, css, xhtml, dll lah…) yang biasanya membutuhkan waktu load cukup lama. sekali lagi salut deh!!! jadi kira2 ada yang tau nggak gimana spesifikasi dari server Facebook ini? maklum saya nggak terlalu ngerti urusan beginian, cuma bisa terheran2 saja…๐Ÿ˜€

Upadate:ย  tambahan foto server facebook diambil dari sini.