Kemarin malam, tepatnya tanggal 20 Januari 2008 tengah malam WIB atau jam 12 siang waktu Washington, presiden Amerika Serikat ke 44 yaitu Barrack Husein Obama resmi dilantik. hingar bingar warga tumpah ruah di jalanan sekitar Gedung Putih, bukan cuma di Washington tapi juga di kota2 lain di AS dan bahkan di seluruh dunia (emang presiden dunia ya?).

Pada moment bersejarah itu saya sangat beruntung dapat menyaksikan secara langsung (maksudnya langsung dari segi waktu, bukan tempat😛 ) melalui video streaming yang ditayangkan CNN.com yang bekerjasama dengan Facebook. Tadinya saya sudah bersiap2 untuk kecewa karena tidak bisa menyaksikan acara di Inauguration Day tersebut. maklum saya sedang berada di kost-an, sinyal televisi seperti biasa, tidak ada. setahu saya ada beberapa statsiun televisi Nasional yang menayangkan acara tersebut, mengingat akses ke tayangan tersebut tidak memungkinkan saya sudah pasrah saja dan siap2 mantengin update dari twitter atau facebook saja.

Untungnya disaat2 akhir, tepatnya sekitar pukul 9 malam saya lihat di Facebook ada undangan untuk menonton acara tersebut via video streaming dari CNN. tapi dipikir2 wah kayaknya bakalan nggak nyaman nih, tau sendiri lah yg namanya video streaming pasti sendat2, gambar pecah2, dll. tapi pas saya coba..wow..!! saya sempet kagum sejenak, ditengah kondisi jaringan yang sedang lelet, gambar streaming dari CNN tampak begitu jernih dan lancar, tanpa sendat2. aneh juga, padahal ini server di luar negri yan biasanya lebih lambat untuk diakses kok bisa lancar begini ya? salut untuk CNN.

Pidato Kenegaraan Pertama Obama

Pidato Kenegaraan Pertama Obama

Rasa “girang” saya bertambah ketika melihat tampilan jendela dari video streaming tadi, karena CNN telah bekerjasama dengan Facebook maka disamping kanan video terdapat kotak status yg terus update secara realtime dari para  pengguna Facebook yang menyaksikan acara yg sama. wow… selain menonton acaranya secara langsung saya juga bisa melihat berbagai ekspresi dan ungkapan dari para pengguna Facebook lainnya pada saat menonon acara tersebut. Kalau tahu begini saya rasanya lebih beruntung dari yang sekedar menonton lewat televisi, karena terasa lebih interaktif, selain itu CNN menyediakan 4 viewport untuk acara ini, artinya saya bisa memilih salahsatu dari 4 gambar dari sudut pandang yang berbeda, wah semakin asik saja nih!

Sebenarnya saya sendiri bukan pendukung fanatik Obama, biasa2 saja bahkan cenderung kurang optimis akan ada perubahan berarti dalam hal keamanan global atas terpilihnya Obama ini, tapi kenapa saya begitu antusias menonton acara pelantikan kemarin? Saya senang saja bisa “menyaksikan sejarah” secara realtime, pada saat itu juga. terima kasih telah hidup di jaman super canggih ini, coba bayangkan saja jika ini terjadi di jaman dulu? mungkin tidak akan se-update sekarang, paling saya cuma bisa lihat tayangan ulangnya atau liputan di berita 1-2 hari kemudian. untuk ukuran sekarang itu sudah BASI!😛