Ada banyak cara untuk mendapatkan file MP3 di internet, bisa dengan mengunduh langsung dari situs-situs penyedia MP3 gratis, bisa juga dengan menggunakan jaringan peer-to-peer atau bahkan dari jaringan IRC pun bisa. tapi kali ini saya akan membahas salahsatu cara mendapatkan MP3 yang mudah melalui jaringan peer-to-peer dengan bantuan porgram bernama Frostwire.

Frostwire ini merupakan aplikasi file sharing dengan menggunakan jaringan gnutella maupun bitTorrent. mungkin beberapa dari anda sudah tidak asing dengan aplikasi Limewire, nah Frostwire ini adalah fork dari aplikasi Limewire, dengan interface yang sangat serupa dan fitur yang hampir sama pula, plus beberapa perbedaan tentunya. Berbeda dengan Limewire, Frostwire ini merupakan aplikasi open source, sama2 ditulis dengan java. tujuan utama proyek frostwire ini memang untuk menyediakan alternatif open source bagi pengguna Limewire yang walaupun gratis tapi merupakan aplikasi proprietary.

Jendela Utama Frostwire

Jendela Utama Frostwire

Dari segi fitur maupun interface tidak ada perbedaan mencolok jika dibandingan dengan Limewire versi gratis, namun Frostwire ini memiliki fitur tambahan yang hampir serupa dengan Limewire pro yang berbayar, jadi tentu lebih menggiurkan bukan? Frostwire bisa terkoneksi ke 5 ultrapeers layaknya Limewire pro, sehingga memungkinkan proses download lebih cepat jika dibandingkan dengan Limewire free (yang hanya terkoneksi ke 3 ultrapeers). Selain itu, Frostwire memiliki fitur tambahan yaitu community chat dimana kita sebagai user bisa berbincang2 dengan para pengguna lain layaknya di jaringan IRC.

Yang menarik, Frostwire ini bisa berganti2 kulit alias skins, ada banyak pilihan skins yang bisa kita pakai sesuai selera. Frostwire juga merupakan aplikasi multiplatform yang artinya tidak hanya tersedia untuk satu platform sistem operasi saja, sampai saat ini Frostwire tersedia untuk Windows XP/Vista, MacOS X, Linux (deb dan RPM package) serta tersedia paket berupa source code.

Seperti juga Limewire, Frostwire tidak hanya bisa mendownload file2 MP3 saja, tapi juga file2 video, foto maupun program (.exe). jadi tunggu apa lagi? silahkan coba aplikasi ini sekarang juga, saya sendiri cukup puas dengan kinerjanya yang cukup cepat dalam mendownload serta mampu menangani multiple download yang cukup banyak dalam satu waktu.