Mungkin suatu waktu anda pernah mengalami hal begini, komputer harus tetap nyala karena masih melakukan suatu proses (misalnya download atau sedang me-render video) tetapi anda tidak bisa terus di depan komputer, misalnya harus tidur atau pergi keluar. jika ditinggalkan begitu saya komputer akan tetap menyala walaupun proses yang dikerjakan telah selesai, hal ini tentunya tidak efisien dan boros listrik. nah solusinya adalah dengan mengatur waktu shutdown, sehingga walaupun ditinggalkan komputer akan mati dengan sendirinya sesuai waktu yang ditentukan misalkan proses download akan selesai dalam 2 jam, maka waktu shutdown dapat di set pada waktu 2 jam. pada OS windows hal ini dapat dilakukan dengan bantuan program pihak ketiga (third party) karena secara default Windows tidak menyediakan aplikasinya, biasanya saya menggunakan program bernama “shutter” yang gratis, namun bagaimana dengan Linux?

Oke saya akan sedikit berbagi tips terutama bagi pengguna awam dan pemula di dunia Linux seperti saya (yang udah geek pasti udah tau😛 ). mengatur waktu shutdown di linux sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah, tanpa program tambahan. kita hanya perlu melakukannya melalui terminal, caranya begini: buka terminal melalui menu application>accessories>terminal (pada ubuntu/GNOME desktop), setelah terbuka lalu ketikan perintah berikut:
$ sudo shutdown -option -time messeges

oke berikut penjelasannya, perintah sudo adalah perintah untuk masuk ke mode root, kemudian ketik shutdown dan diikuti oleh option dan time setelah itu bisa pula ditambahkan opsi messege atau pesan. untuk opsi-nya sendiri bisa dipilih dari beberapa pilihan sebagai berikut:
-r reboot atau restart
-h halt atau matikan power setelah shutdown
-H hampir sama dengan pilihan diatas
-P power off setelah shutdown (hampir sama juga)
-c batalkan perintah shutdown sebelumnya
-k hanya tampilkan pesan (messege)
-q, atau --quiet meminimalisir tampilan di terminal
-v, atau --verbose menampilkan informasi lebih lengkap
--help menampilkan bantuan

kemudian untuk time-nya sendiri bisa menggunakan tanda +(xx menit) atau jika ingin menentukan mati pada jam berapa bisa dengan tanda +(jam:menit) dalam satuan 24 jam. oke mungkin anda masih bingung, kita langsung ke contoh saja. misalkan anda ingin mematikan komputer dalam waktu 30 menit kedepan, cukup ketikan perintah berikut di terminal:
$ sudo shutdown -p +30

dengan demikian dalam 30 menit kedepan komputer anda akan mati dengan sendirinya, atau contoh lain misal anda ingin me-reboot komputer pada jam 11:30 dengan menambahkan pesan di akhirnya “setengah duabelas komputer ini akan di reboot”, perintahnya sebagai berikut:
$ sudo shutdown -r +11:30 setengah duabelas komputer ini akan di reboot

contoh penggunaan terminal untuk shutdown timer

contoh penggunaan terminal untuk shutdown timer

dengan perintah tersebut maka komputer akan restart pada waktu yang telah ditentukan, dan menampilkan pesan seperti yang telah diketikan. anda bisa juga membatalkan perintah shutdown tadi dengan mengetikan :
$ sudo shutdown -c

dengan demikian semua perintah shutdown yang telah diberikan akan dibatalkan. gampang kan? dengan mengatur waktu shutdown ini kita bisa dengan nyaman meninggalkan komputer dalam keadaan hidup, karena dia telah diatur kapan akan mematikan mesin dengan sendirinya. selamat mencoba.