Setelah bermigrasi menggunakan Ubuntu praktis segala aplikasi yang biasa dipakai di Windows berubah menjadi Linux based, memang sih beberapa ada yang berupa aplikasi multiplatform seperti Adobe Reader yang menyediakan veri Linux maupun Windows, namun kebanyakan aplikasi yang ada di Windows jarang ada versi Linux-nya secara native, walaupun masih bisa “diakali” dengan menjalankannya di Linux dengan bantuan Wine. tapi secara fungsional di Linux banyak aplikasi yang “serupa” sebagai pengganti atau alternatif dari aplikasi yang berada di windows. salah satu aplikasi yang sering saya gunakan namun tidak ada di Linux adalah Yahoo Messenger, sedangkan di Linux saya menggunakan Pidgin. sebenarnya Yahoo sempat mengeluarkan YM untuk Linux, namun terhenti sampai pertengahan tahun 2005 dan tidak ada versi baru sampai sekarang. makanya saya lebih memilih memakai Pidgin (selain karena hanya aplikasi ini yang dipaketkan dalam distro-nya😀 )

Mungkin untuk pemakaian awal yang belum terbiasa memakai pidgin akan sangat tidak nyaman, dari segi tampilan pidgin kalah jauh dibanding Yahoo Messenger. begitupun dengan saya, tapi untungnya ini bukan pertama kalinya saya pakai Pidgin, di Windows saya kadang2 memakai aplikasi ini juga karena dia bekerja lebih cepat (terutama saat login) dan memakan resource komputer lebih ringan daripada YM.

Fitur yang menarik dari pidgin ini adalah kemampuannya menangani multi account. artinya dia bukan hanya bisa menangani chatting via YM tapi juga melalui jaringan MSN, Google Talk, ICQ, AIM, IRC, Gadu-gadu, MySpace Chat,dll. fitur ini tentunya tidak dimiliki oleh Yahoo messenger. namun ada satu account yang saya rasa cukup penting bagi saya karena cukup sering menggunakannya namun tidak tersedia di pidgin yaitu Facebook chat. layanan chatting dari facebook ini memang secara resmi hanya tersedia di websitenya yaitu ketika kita login ke situs facebook dan fasilitas ini dapat ditemukan di bagian bawah halaman facebook. saya sempat terpikir wah kalau di pidgin bisa buka chatting facebook asik kali ya? eh setelah googling akhirnya ketemu juga, ternyata ada semacam plugin untuk pidgin yang bisa menambah kemampuan pidgin agar bisa menangani facebook chat. wah ini yang saya cari!! namanya “pidgin-facebook” yang bisa di unduh disini. plugin ini dikemas dalam paket .deb dan bisa di install di ubuntu dengan baik, saya belum tahu kalau di install di distro lain (.deb package). setelah saya coba ternyata berhasil, pada account manager ada satu account baru yang bisa diambahkan yaitu facebook dan setelah login, pada buddy list akan muncul satu group baru dengan nama facebook.

Tambahan account baru di pidgin yaitu Facebook

Tambahan account baru di pidgin yaitu Facebook

Wah makin asik saja nih saya pake linux, ga usah ribet, satu Instant messenger untuk semua, sekarang di pidgin saya mengaktifkan beberapa account diantaranya Yahoo!, Gtalk, MSN/Live messenger dan tentunya facebook. hemat dan praktis, dengan demikian saya tidak harus selalu membuka halaman facebook untuk dapat bercakap2 dengan teman2 di facebook. penasaran? silahkan coba sendiri😛