okezone

baru saja saya baca berita di okezone tentang keberhasilan Wikimedia foundation mengumpulkan dana sumbangan sebesar 6 juta Dollar Amerika. tapi rasanya kok banyak yang janggal ya? pertama, setahu saya sumbangan yang dikumpulkan itu belum mencapai 6 juta dollar, yang ada adalah target pengumpulan dana sebesar 6 juta dollar, sedangkan yang berhasil terkumpul sekarang sekitar 2 juta dollar lebih. berikut saya perlihatkan tangkapan layar dari header situs wikipedia mengenai dana sumbangan tersebut:

wikipedia

itu wartawannya yang dodol ato emang saya yg nggak up to date ya? setau saya yg dimaksud “our goal : $6 Million” itu adalah target pencapaian, bukan dana yg berhasil diraih saat ini, lagian disampingnya jelas-jelas tertera progress bar yang menunjukan dana yang terkumpul baru sekitar 2 juta dollar.

kemudian keanehan kedua adalah di okezone disebutkan dana yang terkumpul tadi sebesar 6 juta dollar atau sekitar 6 miliar rupiah. hmm… baru tahu kalau kurs dollar sekarang Rp. 1000/1USD. iya kan? coba aja itung, 6.000.000 dollar x 1.000 = 6.ooo.ooo.ooo rupiah alias 6 miliar. wew…. apa mereka nggak bisa ngitung atau gimana ya? harusnya kan kalau 6 juta dollar itu minimal 66 miliar rupiah (dengan asumsi 1USD=11.000 rupiah). kalaupun dana yang terkumpul sekarang saja sudah 2 juta dollar, itu artinya sudah sekitar 22 miliar rupiah donk. duh kok situs berita sekelas okezone masih bisa bikin berita yang asal-asalan gitu ya? apa saya yg ga tau/ga ngerti? (tar takut disangka “sok pintar” lagi kayak di posting sebelumnya, wkakakaka….)

ah namanya juga manusia tidak pernah lepas dari kesalahan (alibi klasik, hehehe… kabuuurrrr…😀 )