Google Calendar adalah aplikasi berbasis web yang berguna untuk mencatat agenda kegiatan sehari-hari kita. dengan demikian kegiatan anda sehari-hari akan lebih teorganisir dengan baik. Google Calendar dilengkap dengan reminder yang dapat diatur sesuai kebutuhan, bisa berupa pop up maupun dikirim melalui email, sehingga anda tidak akan lupa akan agenda yang sudah dituliskan. seperti telah disebutkan sebelumnya, Google calendar ini merupakan aplikasi berbasis web, sehingga untuk menggunakannya anda harus membukanya dari browser. bagi sebagian orang mungkin hal tersebut menjadi kendala karena kurang nyaman, selain itu interface yang ditampilkan tidak begitu menarik. tapi anda tidak usah khawatir, sekarang Google Calendar bisa diakses melalui aplikasi dekstop dengan bantuan Mozilla Thunderbird.

Mungkin ada bertanya-tanya, kok Thunderbird? itu kan aplikasi email client? ya anda benar, thunderbird adalah aplikasi email client, namun dengan tambahan add-on yang bernama lightning, maka thunderbird anda bisa berubah menjadi aplikasi Personal Information Manager (PIM) sehingga tidak kalah dengan Microsoft Outlook yang mahal dan berat itu😀. sebagai informasi saja, Lightening adalah versi add on dari Sunbird. Sunbird adalah aplikasi PIM stand alone yang terpisah dari Thunderbird yang sama-sama dikeluarkan oleh Mozilla. keuntungan menggunakan aplikasi Calendar versi desktop adalah kenyamanannya selain itu fitur-fitur yang diberikan juga lebih canggih, namun kelemahannya, aplikasi maupun data calendar anda disimpan di komputer lokal (hardisk) sehingga jika anda tidak berada dekat dengan komputer tersebut anda akan kesulitan mengakses agenda yang telah dituliskan dalam kalender tersebut, lain halnya dengan aplikasi berbasis web, agenda yang anda tulis bisa diakses dari mana saja selama ada browser dan koneksi internet (bisa dari warnet, kantor maupun tempat lain). namun dengan menggabungkan Google Calendar dengan Thunderbird yang sudah dilengkapi Lightning, kedua keuntungan tersebut dapat disatukan. nah bagaimana langkah-langkah setupnya? ikuti panduan berikut….

sebelum melakukan semuanya, pastikan anda telah menginstall Thunderbird di komputer anda dan telah memiliki Google Account. jika sudah, langkah pertama adalah mendownload add-on Lightning untuk Thunderbird dari sini kemudian simpan di folder sesuai pilihan anda. setelah itu buka Thunderbird kemudian install add-on tadi dengan memilih menu Tools>add-ons, pada jendela add-ons pilih section Extension, pada bagian bawah klik install maka akan muncul jendela browse, pilih file Lightning yang tadi di download kemudian pilih open, setelah itu akan muncul jendela baru dan pilih “install”. setelah selesai restart Thunderbird. setelah dibuka kembali maka pada bagian kiri bawah thunderbird ada modul baru yaitu Calendar dan Task. sebenarnya sampai tahap ini anda telah memiliki aplikasi PIM, namun masih bersifat offline, nah untuk membuat thunderbird agar bisa mengakses Google calendar dibutuhkan add-on lain yaitu Provider for Google calendar yang bisa anda download disini. cara menginstallnya sendiri sama seperti proses menginstall Lightning.

Nah langkah berikutnya adalah membuat sebuah calendar baru di Google Calendar. masuk ke situs Google Calendar, kemudain masuk ke setting. kemudian pilih tab calendar, kemudian klik “create calendar”, beri nama dan keterangan, setelah itu klik create calendar di bagian bawah. sampai tahap ini anda sudah bisa membuat agenda di Google calendar dengan memilih calendar yang anda buat dan klik “create event”. namun untuk tahap mengsinkronkan dengan Thunderbird belum selesai.

Tahap selanjutnya adalah buka thunderbird, pada bagian kiri bawah klik section Calendar, pada pane calendar sebelah kiri klik kanan kemudian pilih “new calendar…” 

setelah itu akan muncul jendela baru “create new calendar”, pada tahap pertama pilih “on the network” kemudian klik next, pada tahap ini pilih “google calendar”, dibawahnya anda harus mengisi dimana lokasi google calendar itu, untuk mengisinya iktui langkah berikut. buka Google Calendar dari browser, kemudian masuk ke setting dan pilih tab “calendars”, setelah itu klik salahsatu kalender yang sudah anda buat sebelumnya, maka akan masuk ke halaman baru, pada halaman ini geserlah ke bawah dan temukan bagian “private address”, klik kanan icon “XML” kemudian pilih “copy link location” (untuk firefox, untuk browser lain kurang lebih sama, intinya copy URL dari icon XML ini)

setelah dicopy, kemudian paste link tadi pada kolom isian “location” yang ada pada wizard new calendar yang ada di Thunderbird. setelah itu klik next. pada tahap berikutnya beri nama untuk Calendar yang anda buat dan beri warna pembeda apabila ada banyak calendar yang anda buat disana. setelah itu klik finish.

selesai sudah. anda sudah bisa mensinkronkan calendar yang ada di Thunderbird dengan Google Calendar, artinya jika anda membuat satu event di Thunderbird maka akan masuk ke Google Calendar, begitu juga sebaliknya. jadi jika anda tidak berada dekat dengan komputer maka bisa mengakses google calendar dari manapun, dan ketika anda membuka Thunderbird di komputer, selama masih tehubung ke internet maka calendar yang anda buat akan terupdate sesuai perubahan yang ada di google calendar.

jika anda tidak membutuhkan aplikasi email client, maka anda bisa menggunakan Sunbird sebagai aplikas kalender tunggal, aplikasinya bisa anda download disini. langkah2nya sama seperti diatas, anda hanya membutuhkan add-on Provider for Google Calendar saja.  semoga bermanfaat.