Iseng2 tadi googling cari tahu tentang push mail, jujur saja saya gaptek banget soal gadget, Blackberry aja saya masih bingung, ini nama produk gadget, merk, produk layanan ato apa sih? soalnya saya sering lihat gadget dengan merk blackberry, kadang ada juga sebuah merk gadget mengeluarkan “blackberry” juga, ato malah pernah lihat promo sebuah operator selular mengeluarkan produk indo**t Blackberry. hehe… jangan diketawain yah! iya deh ngaku saya katrok banget urusan beginian! oke kembali ke push mail, fitur yang banyak diminati dari blackberry adalah push mail. apa itu push mail? saya jg awalnya nggak tahu, bedanya apa sama email biasa? maka dari itu saya googling cari tahu.

ilustrasi dari www.emoze.com nah setelah dicari2 inforamasinya, saya bisa simpulkan kalau push mail itu ialah layanan email yang mengirimkan emailnya secara langsung dari server ke device kita setiap kali ada pesan masuk, yah kurang lebih sama seperti SMS lah, pesan masuk ke device saat itu juga. berbeda dengan pull mail yang biasa kita pakai. email hanya ditarik/download (pull) menurut permintaan kita (on demand), sedangkan push mail sesuai namanya, server mendorong (push) email tersebut secara otomatis tanpa harus kita download secara manual, jadi bisa dibilang email yg kita terima lebih real time lah. menarik bukan? wajar saja jika Blackberry ini sekarang jadi benda wajib yang harus dimiliki para esmud (eksekutif muda, yg tua jg sih sebenernya :D).

nah sayangnya fasilitas push mail ini hanya dimiliki oleh Blackberry (awalnya), namun sekarang memang sudah ada beberapa aplikasi menyerupai push mail blackberry yang diperuntukan untuk perangkat bergerak (mobile) non Blackberry seperti untuk Nokia dan merk ponsel/smartphone lainnya. biasanya layanan push mail ini dikenai biaya khusus, ada yg berlanggan bulanan ada jg yang prabayar. bagi para pengguna biasa memang ini cukup memberatkan, makanya Blackberry dan push mail-nya kurang begitu populer di kalangan non esmud (atau orang kantoran). tapi bagi orang2 kantoran biasanya ini sudah jadi beban kantor (dibayarin) jadi bagi mereka ya tinggal enak2nya saja pakai fasilitas ini.

terus intinya saya mau beli Blackberry? hehe… nggak lah! saya sampe sekarang sepertinya belum butuh benda tersebut, saya cuma terarik sama fasilitas push mail, tapi bukan untuk di perangkat bergerak, berhubung hape saya ini jadul jadi sudahlah nggak usah mimpi bisa push mail di hape saya, hehe… saya cuma berpikir, ada nggak sih layanan/fasilitas push mail ini buat desktop? jadi buat di PC gitu. saya bukan sok sibuk atau sok penting juga sih pake butuh layanan email realtime gitu, cuma saya kan sekarang ikut beberapa milis yang tingkat aktifitasnya cukup tinggi, kadang dalam beberapa menit ada email masuk bermunculan dalam jumlah yang lumayan, kalau ada push mail kan enak tinggal baca aja. sedangkan sekarang saya harus secara manual dan periodik mengecek email client saya untuk melihat apakah ada email masuk atau tidak. ya namanya jg mimpi, boleh kan yang aneh2? hehe…

tapi ini pertanyaan serius juga sih, sebenernya ada nggak sih aplikasi seperti itu? kalau ada saya sangat tertarik sekali, kalau bisa semuanya free (mau aplikasi kek, layanan online kek, pokoknya gratisan deh!) kalau ada tolong kasih tahu saya.😀Clipboard01

untuk sementara saya sekarang pakai kolaborasi duo maut *halah..lebay!!* yaitu Windows Live Mail sebagai email client dan Gmail notifier sebagai pengingat kalau ada pesan baru. kemudian kedua program itu saya set agar mengecek email masuk dalam periode waktu tertentu dengan frekuensi yang sesuai (tiap 5 menit), dengan demikian setiap ada email masuk saya bisa tahu berkat gmail notifier dan WLM dengan otomatis medownload email tersebut. dengan demikian setidaknya saya “hampir” memiliki fasilitas push mail di PC (at least update tiap 5 menit😛 ) yang pada kenyataanya tetep aja itu pull mail😀.