Sudah sejak beberapa waktu (lupa tepatnya tahun berapa), Yahoo! Mail yang memiliki domain yahoo.com sudah tidak memberikan fasilitas POP3 dan SMTP secara gratis, dengan demikian jika anda pengguna layanan email gratisan dari Yahoo! tersebut tidak bisa mengelola email anda dari email client dan hanya bisa dari browser saja alias webmail. jika anda ingin mempergunakan fasilitas tersebut maka anda harus daftar ke layanan email premium dari Yahoo!, dengan layanan premium ini anda dapat mengelola email anda melalui email client karena diberikan fasilitas POP3 untuk mendownload email serta SMTP untuk mengirim. selain itu anda juga mendapatkan space yang lebih luas dari versi gratisnya serta bebas iklan.

Nah bagaimana jika anda memiliki Yahoo! mail gratisan tapi tetap ingin mengelolanya dengan email client? jawabannya bisa saja, tinggal gunakan saya Mozilla Thunderbird sebagai email client anda plus add-ons webmail extension. Thunderbird adalah email client open source yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation, kelebihannya ialah ia memiliki fasilitas add-on sehingga memungkinkan ekspansi fungsi dan fitur melalui add-on atau plugin-nya tersebut. salahsatunya ialah mengelola webmail sehingga dapat di download dan dikirim melalui Thunderbird layaknya email yang diambil melalui protokol POP dan dikirim layaknya melalui SMTP.

Cara penggunaanya sebagai berikut, sebelumnya terlebih dahulu anda harus telah menginstall Mozilla Thunderbird di komputer anda, anda dapat mendownloadnya disini. kemudian setelah terinstal anda membutuhkan add-on webmail extension yang bisa didownload disini. selain itu anda juga harus mendownload Yahoo webmail component agar webmail extension dapat membuka email dari server yahoo.com, untuk filenya sendiri bisa di download disini.  karena seperti kita ketahui Yahoo! free webmail tidak mendukung POP dan SMTP maka dengan webmail extension akan membuat POP dan SMTP server virtual di komputer kita sebagai “localhost”, jadi cara kerjanya ia membuka dan mendownload email dari Yahoo webmail kemudian mengolahnya pada server POP di localhost tadi, sehingga Thunderbird menganggap email yang masuk itu di download dari server POP yahoo padahal ia hanya membuka dan mendownloadnya kedalam inbox melalui server POP virtual yang ada di localhost atau komputer lokal kita. oke langsung saja ke tahap2 penginstall-an dan pengaturan, pertama jalankan thunderbird, kemudian buka menu Tools>add-ons, setelah keluar jendela add-ons kemudian pilih tab extension, klik tombol install. nah anda pada tahap ini anda buka file extension yang telah di download tadi, kemudian klik install. untuk menginstall yahoo webmail component juga dapat menggunakan langkah yang sama. jika semuanya telah selesai restart-lah Thunderbird anda.

setelah selesai restart, buatlah account baru dengan memilih menu file>new>account. pada wizard new account pilih email account kemudian klik next.

pada jendela berikutnya isi nama lengkap dan alamat email lengkap dengan domain mis: nama@yahoo.com, klik next.

pada tahap selanjutnya pilih protokol POP dan pada kolom server name isi dengan “localhost”, klik next.

pada kolom incoming username biarkan saja apa adanya. kemudian klik next.

untuk account name silahkan isi sesuai selera anda atau dengan nama alamat email anda agar lebih mudah dikenali. klik next kemudian finish.

nah sekarang kita memasuk ke pengaturan add-on webmail extension, caranya pada Thunderbird buka menu tools>add-ons, pilih tab extensions, pada extension “web mail” klik option. setelah terbuka pastikan server POP dan SMTP dalam keadaan aktif, jika belum bisa mengaktifkan dengan menekan tombol “+” dibawah indikator server.

setelah selesai klik close, tahab selanjutnya kita akan mengatur untuk Yahoo! webmail-nya, klik option pada extension “web mail-Yahoo”, maka akan muncul jendela sebagai berikut. pada sesi account pilih account yang anda gunakan dalam yahoo webmail, apakah menggunakan interface Yahoo!mail beta yang baru atau Yahoo! mail classic. ini penting untuk diperhatikan, karena jika tidak sesuai maka email anda tidak bisa didownload. seletelah selesai klik close.

untuk memastikan semua setting sudah benar, cek kembali account setting anda, bisa dilihat dari menu tools>account settings. nah klik pada bagian email account yang ada buat klik pada bagian server setting, pastikan server name isi “localhost” dan username adalah alamat email di yahoo lengkap dengan domain misalnya “nama@yahoo.com”, pada port isikan angka 110 dan pasa security setting pilih “never”.

kemudian untuk mengatur setting SMTP server, pada jendela yg sama pilih outgoing server, kemudian pilih “webmail – localhost”, untuk memastikan settingan sudah benar klik edit, maka akan muncul jendela baru, pada jendela ini pastikan servername dengan “localhost” dan port “ 25”, pada security and authentication gunakan username dengan alamat email yang lengkap dengan domain. setelah selesai klik OK.

selesai, selanjutnya anda tinggal klik tombol Get Mail pada toolbar thunderbirds, maka email dari server yahoo otomatis akan terdownload ke inbox thunderbird anda. selamat mencoba.

NB:

apabila ada yang kurang jelas silahkan isi komentar dibawah ini, insya Allah saya akan menjawab sebisa mungkin melalui komentar ini ataupun saya balas melalui email. terima kasih.

UPDATE:

Terima kasih untuk semua pembaca yang telah membaca posting ini, sebelum bertanya lebih lanjut saya hanya mengingatkan, apabila terjadi error ataupun pesan kesalahan lainnya harap di cek kembali apakah ada setting yang terlewat atau salah dalam pengetikannya. sampai saat ini saya sudah membalas beberapa pertanyaan baik via komentar disini maupun email secara langsung, beberapa ada yang terselesaikan namun beberapa tidak. mulai saat ini saya tidak akan menjawab pertanyaan2 serupa, jadi jika terjadi kesalahan silahkan googling lagi, saya disini hanya berbagi yang saya bisa, mohon maaf jika tidak bisa membantu lebih banyak. terima kasih.