Chrome adalah nama browser baru dari Google, menurut produsennya browser baru ini akan bekerja lebih cepat dan ringan daripada browser yang sudah ada, selain itu katanya masalah keamanan juga lebih terjamin. dari tampilannya sendiri chrome termasuk sangat minimalis khas google, seperti kita tahu bahwa produk2 dari google cenderung minimalis dari segi tampilan tapi tentunya dengan fitur yang tidak minimalis seperti Gmail, Google Talk, dll. sampai sekarang chrome masih dalam versi beta, artinya masih dalam masa pengembangan dan kemungkinan masih banyak bug didalamnya.

chrome dirilis pada tanggal 2 september (menurut wikipedia), sejak beberapa waktu sebelumnya memang browser ini sangat ditunggu2 oleh para pengguna internet, mereka ingin tahu bagaimana sih browser keluaran Google yang notabene raksasa di bidang internet. dan ketika tanggal rilisnya diumumkan orang berbondong2 mendownload aplikasi baru ini. tapi ada fenomena unik dari chrome ini, tidak seperti produk fenomenal yang lainnya, popularitas chrome tidak bertahan lama, hanya dalam hitungan minggu popularitasnya menurun drastis. tidak seperti ketika pertama muncul yang begitu banyak dibicarakan orang, dibahas di beberapa media dan blog. berikut saya tampilkan grafik tren dari google chrome yang saya ambil dari google trends untuk bulan september, dalam grafik saya juga membandingkan dengan beberapa browser yang sudah populer.

menurut analisis saya (cieh…gaya) kemungkinan kurang populernya Chrome disebabkan karena masih banyaknya bug yang terdapat dalam browser ini, selain itu tampilan yang minimalis dan beda dari biasanya bisa saja menjadi pemicu “malasnya” orang2 untuk pindah ke lain hati. selain itu tampilan yang minimalis justru dibarengi dengan fitur yg minimalis jg, setidaknya dibanding dengan browser yang sudah ada seperti firefox dan opera. tapi dibalik kekurangannya ada jg beberapa kelebihannya, diantaranya: Chrome memakan memori lebih kecil dari browser lain, apalagi dibanding firefox yang sangat rakus memori, selain itu dalam chrome tiap tab yg dibuka memiliki satu process tersendiri dalam windows sehingga jika satu tab hang maka tidak akan menggaggu tab lainnya, kelebihan lainnya ialah proses loading halaman yang relatif lebih cepat. semoga dengan semakin dikembangkannya chrome ini bisa membuat pengguna chrome semakin bertambah dan bukan hanya tren sesaat.😀