Saya memiliki alamat e-mail (atau email?) sudah cukup lama. kira sekitar 10 tahun sudah saya menggunakan email dari Yahoo! dan alhamdulillah sampai sekarang masih aktif dan belum berganti2. tapi memang sekarang email tersebut sudah bukan menjadi email utama saya, semenjak tahun 2006 saya telah “berpindah ke lain hati” yaitu menggunakan layanan email dari Google (Gmail). banyak keunggulan yang saya lihat dari gmail dibanding free email provider lain, diantaranya server yg lebih cepat, tampilan menarik, bersih dari iklan, kapasitas besar dan yang penting spam filter yang sangat bagus. selain itu fasilitas tambahan seperti dukungan terhadap protokol POP, IMAP dan SMTP serta fasilitas forward, label dan filternya juga sangat bagus sehingga membuat siapapun pasti jatuh hati dibuatnya *hiperbola😀 *. sebagai informasi saja, fasilitas tambahan diatas biasanya hanya didapat dari layanan email berbayar, dan disini Gmail memberikannya secara cuma2.

oke kembali ke topik utama, sejak saya pasang internet di kamar kost saya, saya jadi mempertimbangkan untuk mulai menggunakan email client daripada web based mail. dulu mungkin saya belum mau pakai email client karena memang saya hanya bisa membuka email dari warnet ataupun handphone. jadi rasanya belum cocok untuk menggunakan email client. nah kebetulan sekarang komputer saya telah terhubung ke internet selama 24 jam penuh, jadi saya mulai mencoba menggunakan email client.

Aplikasi Email client pilihan saya jatuh pada Thunderbird, alasannya karena banyak fitur dan add-on yang bisa membantu pengelolaan email saya. maksud saya begini, sekarang ini saya memiliki email 3 buah, pertama email utama saya adalah yang di Gmail, kemudian email sekunder saya di Yahoo! dan ketiga email darurat di Live.com milik microsoft. nah saya ingin ketiga alamat email ini ter-handle oleh thunderbirds. untunglah thunderbirds adalah email client yang mendukung multiple account, untuk gmail sendiri tidak ada masalah karena telah mendukung protokol POP3 maupun IMAP, tinggal pilihan kita saja mau pakai yang mana. nah masalahnya Yahoo.com dan Live.com saya tidak mendukung POP, untunglah pada Thunderbirds ada add-on yang sangat membantu, namanya webmail extension. dengan extension ini kita bisa mengelola email yang tidak mendukung POP agar bisa dikelola oleh email client. dan ini sangat membantu saya. dengan demikian sekarang ketiga email saya tersebut dapat dikelola dalam “satu atap”, thanx a lot to Mozilla team yang sudah mengembangkan aplikasi yang sangat berguna ini.  sekarang email saya sudah bisa dikelola dari desktop saya (bukan web based maksudya😀 ) sehingga tampak lebih profesional😀

hehehe…..