Friendster lagi…??? yah sekali lagi saya akan menulis tentang friendster. seperti kita ketahui friendster merupakan salahsatu dari sekian banyak layanan social network di internet yang cukup populer di kalangan anak muda, hampir bisa dipastikan (hampir loh!) setiap anak muda urban punya account di friendster, tujuannya macam2, ada yang memang digunakan untuk menjalin relation dengan teman2nya baik di dunia nyata maupun di dunia maya, ada pula sebagai ajang gaya-gayaan saja, karena ada semacam kesan “nggak gaul kalau nggak punya account friendster”.

saya sendiri mengakui memang asik kalau ngotak-atik friendster, baik sekedar otak-atik profil, add temen, isi comment, dsb. dan kebanyakan orang pun demikian, mereka bisa duduk berjam2 melototin halaman friendster, bahkan tidak sedikit para remaja yang menjadi friendster-holic dimana mereka bisa menghabiskan waktu berjam-jam HANYA untuk membuka account friendster mereka.

banyak fungsi dan fasilitas yang diberikan oleh friendster yang cukup bermanfaat bagi usernya, sebut saja fasilitas bulletin board, comment and testimonial, message, shoutout, user review, dll. namun sekarang ini banyak diantara fasilitas itu yang disalah gunakan oleh (mungkin) sebagian “oknum” user.

ada satu hal yang membuat saya kesal dari penyalahgunaan fasilitas ini, yaitu disalahgunakannya fasilitas messages untuk menyebarkan hoax alias berita bohong binti dusta. jadi berita/rumor sampah itu disebar luaskan melalui fasilitas message yang ada di friendster, entah dari mana awalnya yang jelas saya sudah sangat sering menerima message yang berisi pesan berantai yang telah puluhan kali di forward (yang terlihat dari banyaknya tanda “>>>>>”pada tiap baris). biasanya isi pesannya itu berupa rumor yang tidak masuk akal alias irasional. seperti contohnya harus mem-forward sebuah pesan kalau tidak account FSnya akan di tutup, atau yang lebih parah harus menyampaikan sebuah pesan dengan ancaman “gaib” bagi yang tidak mem-forwardnya, atau bahkan ada penawaran mendapatkan sejumlah uang bagi yang meneruskan pesan tersebut. selain berupa surat berantai, banyak juga hoax yang beredar berupa berita2 yang menyesatkan masyarakat, saya sendiri untungnya tidak mudah percaya dengan berita2 seperti itu dan mengabaikannya, karena memang tidak masuk akal dan sudah masuk “hoax list” di beberapa website.

mungkin bagi sebagian orang hal tersebut tidak masalah, kalau memang sampah ya tidak usah dibaca, memang bisa sesederhana itu, namun yang saya sayangkan fasilitas message itu akhirnya jadi kurang dipercaya oleh user, sekarang user jadi malas membuka inboxnya karena mereka berpikir kalaupun ada “new message” itu pastilah surat berantai yang tidak berguna, maka dari itu hoax mengurangi fungsionalitas dari fasilitas tadi. itu bagi yang tidak percaya, lalu bagaimana dengan orang yang percaya? orang yang percaya tentu saja akan selalu membuka pesan2 sampah seperti tadi kemudian mereka akan membuang waktu mereka dengan mem-forward pesan2 tadi ke puluhan temannya dan akhirnya ia menyebarkan berita bohong itu ke banyak orang. menurut saya itu sangat merugikan, rugi waktu dan tenaga hanya untuk menyebar pesan yang tidak bisa dipertanggung jawabkan, kemudian orang yang ia kirimi akan dihadapkan pada dua kemungkinan (yang menurut saya kedua2nya merugikan). pertama, bagi yang tidak percaya akan merasa terganggu dengan pesan tadi, pesan sampah itu hanya memenuhi inbox-nya saja. kedua, bagi yang percaya akan kembali mem-forward pesan tadi dan semakin banyaklah orang yang dirugikan oleh pesan2 sampah itu.

untuk itu saya himbau bagi para netters semua untuk lebih jeli dalam beraktifitas di dunia maya, kita harus bisa membedakan mana hal yang bisa dipertanggung jawabkan dan mana yang tidak. kita hidup di jaman yang sudah sangat modern, hey…ini 2007 gitu..!!! masa sih masih percaya dengan hal2 yang tidak masuk akal??saya yakin anda-anda yang memakai internet adalah orang2 berpendidikan (buktinya bisa mengoperasikan komputer dan mengakses internet), jadi saya yakin anda-anda sekalian sudah bisa befikir logis, coba saja anda fikir bagaimana mungkin account anda akan di hapus apabila tidak menyampaikan pesan tertentu?memangnya frienster itu perusahaan apa yang dengan semena-mena menutup account user-nya? saya yakin FS itu perusahaan yang profesional yang melindungi hak-hak penggunanya, jadi jangan khawatir kalau ada ancaman seperti itu.

saya sendiri saking kesalnya pernah mengirim bulletin board di friendster yang isinya “sedikit” memaki2 orang2 yang suka mengirimi saya pesan2 seperti itu, disana saya katakan untuk berhenti membuang2 waktu dengan mengirim pesan2 seperti itu, kalau mereka tidak mau berhenti minimal saya minta jangan kirim ke account saya karena itu sangatlah menganggu saya. dan alhamdulillah setelah saya kirim bulletin itu sampai sekarang tidak ada lagi pesan2 hoax semacam itu. marilah kita perangi “pembodohan-pembodohan” semacam itu dengan menghentikan penyebar-luasan berita berita bohong dan menyesatkan.

NB:

untuk menghindari tertipu oleh berita bohong alias HOAX, ada baiknya anda mengunjungi blog ini