Wah… kalau baca judulnya saya terlihat sombong, angkuh dan takabur, tapi tenang saja saya tidak seperti itu kok! jadi begini ceritanya, belum lama ini saya mencoba meng-update berowser di handphone saya (motorola E398) dengan opera mini versi baru, katanya di versi 3 ini opera mini bisa baca RSS feed, wah penting tuh…! akhirnya saya bela2in beli pulsa buat download opera mini, dan memang tidak mengecewakan, opera mini 3 memang lebih cepat, lebih canggih dan ada tambahan fitur RSS feed reader yang bisa saya gunakan untuk membaca komentar2 di blog saya😛 . nah sekalian mumpung ada pulsa, saya download dan install juga aplikasi Gmail di HP saya, wah..keren bisa baca dan tulis email lewat hape! kapan saja dan dimana saja. itulah sebabnya saya memberi judul “Dunia Ada di Tangan Saya”, karena dengan HP lawas dan relatif kecil dan mobile, saya bisa mengakses intrenet dan email kapanpun dan dimanapun saya mau, selama ada jaringan GPRS tentunya. jadi gak salah kan saya kasih judul demikian?

Saya ingin me-review dikit neh tentang HP saya dan koneksi internet via GPRS, handphone saya memang bukan keluaran baru, kalo nggak salah keluaran tahun 2004, terus fitur-nya pun masih standar apabila dibanding HP keluaran baru, tapi bagi saya fitur yang tersedia sudah memadai kok untuk kebutuhan saya, jadi rasanya belum perlu untuk membeli HP baru, buat apa membeli teknologi yang tidak berguna? lagipula intinya tetap saja masalah finansial (saya tidak punya uang buat beli HP baru ..🙂 ) nah dengan HP yang ada sekarang ini cukuplah untuk SMSan, menelepon, MMS (jarang), kamera (cuma VGA) buat jepret2 gak penting, dan yang paling saya suka sekarang ialah browsing dan e-mail2an. rasanya dengan HP dilengkapi fasilitas GPRS plus software yang mendukung, dunia serasa sudah dalam genggaman🙂 .

Namun sebenarnya saya tidak terlalu sering juga sih browsing dan cek email lewat HP, loh koq? bukan apa2..kembali ke masalah finansial, sebagai anak kost keuangan memang sangat terbatas, dan anda tahu sendiri tarif GPRS masih mahal, sehingga browsing sedikit saja bisa bikin pulsa cekak! saya rasa walaupun tarif GPRS operator yang saya pakai (Indosat) sudah relatif murah apabila dibanding operator lain, namun tetap saja harganya belum masuk akal bagi saya untuk menggunakannya sehari-hari. oleh karena itu saya sedikit men-siasatinya dengan tidak me-load gambar pada website yang saya kunjungi, sehingga bandwidth-nya relatif kecil, karena GPRS menerapkan tarif berdasarkan bandwidth, bukan durasi.

begitupun untuk email, aplikasi Gmail yang saya install di HP saya hanya digunakan untuk mengecek Inbox saja, sedangkan membaca isinya nanti saja di warnet, walaupun sesekali kadang saya membacanya langsung di HP, tapi tidak mungkin semua, karena setiap saya cek email, pasti ada puluhan email yang belum terbaca, karena saya ikut 4 milis yang membernya relatif aktif.

harapan saya sih internet mobile bisa lebih murah, sehingga lebih banyak orang menggunakan internet dengan HP-nya baik langsung maupun digunakan sebagai modem untuk PC atau laptopnya. dengan demikian akan lebih banyak orang terhubung dengan internet, kapan saja dan dimana saja. dan akhirnya Indonesia menjadi “MELEK INTERNET”, setuju..???