Gmail memang memiliki banyak kelebihan dibanding email provider yang lain. selain space yang besar (pasti sudah tau kan? 2.8 GB!) Gmail memiliki beberapa kelebihan dan fitur2 lainnya. Gmail dapat diakses dengan sangat cepat, karena menggunakan skrip khusus racikan ahli2 di google, sehingga akses ketika membuka halaman gmail terasa sangat cepat. selain itu gmail juga menyediakan fasilitas chat dan conversation untuk email yang saling berbalasan, dan yang paling penting bersih dari iklan (hanya ada iklan baris), tidak ada banner dan tanpa “signature” iklan layanan di akhir email.

Yang saya sebutkan diatas itu adalah fitur2 dasar dari gmail, tapi tahukah anda kalau account gmail dapat dimanfaatkan sebagai online storage raksasa? dan yang penting tetap GRATIS. sebelumnya saya akan jelaskan secara singkat apa itu online storage, kurang lebih seperti ini: Online storage ialah semacam harddisk online yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja selama masih ada koneksi internet, namun biasanya provider penyedia layanan online storage menarik biaya alias berbayar bagi konsumen/klien layanan mereka. data yang tersimpan di online storage tadi dapat di kelola layaknya di harddisk sendiri, seperti copy, paste, cut, membuat folder, dll. untuk mengelolanya sendiri bisa dari web based interface yang disediakan atau menggunakan program FTP.

nah terus bagaimana dengan gmail sendiri? seperti kita ketahui, gmail sebenarnya ialah layanan email gratis yang sangat handal dan tangguh dari google dengan space yang sangat besar, yaitu 2.8 GB dan terus bertambah besar setiap harinya. akan tetapi untuk menjadikan gmail sebagai online storage, kita dapat menggunakannya namun dengan cara yang agak “menyimpang”. karena fungsi aslinya sebagai email maka kita tidak akan menemukan fungsi2 pengelolaan file disana, untuk melakukannya kita memerlukan sebuah program kecil add-on (shell extension) untuk windows bernama gmail drive. setelah di install di Windows, akan muncul sebuah storage device baru di My Computer bernama “Gmail Drive”. Drive ini sebenarnya adalah drive virtual dari space yang diberikan oleh account gmail, sehingga gmail drive memanfaatkan space yang tersedia sebagai drive online.

Dengan drive online ini kita bisa mengelola file selayaknya di harddisk lokal, seperti copy, pase, cut, properties bahkan mendukung drag n drop. apabila kita membuka drive ini dari explorer, akan tampak list file seperti layaknya file atau folder di komputer kita, namun apabila kita buka langsung lewat browser ke account kita, maka file2 tadi akan muncul di inbox sebagai message baru dengan subject prefix “GMAILFS:” dan file yang di upload dimasukan sebagai attachment.

screenshot gmail drive

Namun seperti online storage lainnya (gratis maupun berbayar), kelemahan utama dari harddisk online ini adalah lamatnya akses ketika meng-upload maupun men-download suatu file, sehingga kurang nyaman ketika kita akan membuka atau copy/paste sebuah file, karena harus menunggu proses download/upload, apalagi jika berurusan dengan file yang besar, tapi sebaiknya hal tersebut bisa dimaklumi, namanya juga online, kita berurusan dengan server yang nan jauh disana, jadi masalah akses memang tidak akan senyaman mengelola file di harddisk kita sendiri, namun keuntungannya bisa mengakses file itu kapan saja dan dimana saja serta keamanannya lebih terjaga.

saya akan memberikan beberapa kiat dalam menggunakan gmail drive ini. pertama, sebaiknya buatlah account khusus unuk storage anda, sehingga inbox e-mail anda tidak akan bercampur dengan file yang anda upload, sekarang untuk memiliki sebuah account gmail sangatlah mudah, anda bisa langsung mendaftar ke gmail.com atau meminta invite ke teman anda yang telah memiliki account terlebih dahulu. yang kedua, buatlah filter di gmail anda dengan memfilter subject berisi GMAILFS: agar langsung disimpan ke arsip (archieve) sehingga file yang di simpan di gmail drive tidak masuk ke inbox, melainkan langsung di arsipkan sehingga tidak akan bertumpuk dengan surat2 anda di inbox(jika menggunakan account yang sama dengan email anda). ketiga, simpanlah file2 yang anda rasa benar2 perlu disimpan di storage online, maksud saya agar efisien dalam menggunakan bandwidth sehingga tidak meng-upload file yang tidak perlu apalagi dengan ukuran besar, kecuali anda punya akses internet yang cepat dan unlimited serta punya waktu luang yang banyak🙂 .

apabila anda tertarik dan ingin mencobanya, saya sarankan untuk mencobanya sekarang juga, karena yang saya rasakan sendiri memang sangat bermanfaat, selain itu akses menggunakan gmail rasanya lebih cepat untuk men-download/upload file dibanding penyedia layanan sejenis yang gratis, plus space yang sangat luas. tapi saya juga punya alternatif lain, ini memang layanan online storage asli (bukan “plesetan” dari email provider seperti gmail drive), cobalah sign up di gudangupload.com, ini merupakan layanan storage online dari Indonesia, keuntungannya ialah layanan ini gratis dan tampilannya benar2 bersih bebas dari iklan yang menyebalkan, dan memiliki kuota space 1GB, namun sayangnya aksesnya masih agak lambat dan pengelolaan file hanya dapat dilakukan dari browser (belum mendukung FTP), sehingga pengoprasiannnya kurang nyaman, namun layak dicoba sebagai alternatif.