Tanggal 11 januari kemarin, saya dan teman2 seangkatan pergi ke pantai pangandaran untuk melakukan praktikum orientasi profesi dari jurusan saya yaitu jurusan ilmu kesejahteraan sosial FISIP unpad. intinya kami disana melakukan praktek pengenalan profesi pekerja sosial kepada masyarakat maupun kepada mahasiswa sendiri, dimana ini merupakan praktikum pertama kami.hmm..cukup menyenangkan sih tapi agak sedikit menyebalkan juga, karena selain hanya ber-‘wisata’ kami juga harus melakukan proses assesment yang merupakan inti dari praktikum ini.

tiga hari cukup lah untuk main2 disana, kami cukup bersenang2 sih bareng teman2, jarang2 bisa berkumpul sama teman2 seangkatan lengkap. tapi ketika kami pulang dari sana bukan berarti semuanya berakhir. masih ada makalah laporan menunggu untuk dikerjakan, bayangkan saja kami hanya dibei waktu sekitar 4 hari untuk mengerjakan laporan itu..yah, lumayan harus ngebut lah. tapi alhamdulillah lapoan beres juga tepat pada waktunya. namun semua belum berakhir, masih ada seminar yang harus dihadapi, inilah puncak dari semua kegiatan praktikum kami. lebih tepatnya puncak dari smester ini, knapa saya sebut demikian? bagaimana tidak, orang lain sudah bersenang2 dikampung halaman masing2, sedangkan kami harus deg2an menunggu masa2 seminar laporan praktikum.huh…hari yang berat!

hari yang menegangkan pun tiba, hari itu senin 22 januari 2007, anak2 sudah berkumpul dikampus sejak pukul 7.30 pagi, namun yang mengesalkan ternyata dosen penguji belum datang satupun, ketika salahsatu dari kami ada yang berinisiatif menelepon dosen, ternyata tanggapan yang sedikit mengejutkan dilontarkan dosen tadi, mereka seolah tidak tahu atau lupa bahwa hari itu akan seminar, makin beranglah anak2…huh..

ahkirnya seminar dimulai siang hari sekitar pukul 11-an. kami terdiri dari 7 kelompok dan harus menunggu giliran untuk masuk ruang seminar karena keterbatasan jumlah dosen penguji. suasana tampak tegang siang itu, semua muka teman2 pucat karena tidak dapat menahan rasa gugup yang mereka hadapi, maklum lah ini seminar pertama kami. sekitar pukul 12.30-an tiba juga saatnya kelompok saya masuk ruang seminar, dan yang bikin tambah tegang ialah dosen penguji yang cukup ‘killer’. waduh gawat…!!! begitu perasaan yang muncul didepan kami. presentasi pun dimula, tampak jelas muka2 tegang di hadapan saya, ketika presentasi selesai, penguji tanpa basa-basi langsung mengomentari slode show yang kami buat, katanya sangat tidak sistematis dan tidak enak dipandang, waduhh..kami langsung nge-drop kala itu, bagaimana tidak, hasil jerih payah kami di’bantai’ begitu saja. tapi sebenarnya kami juga menyadarisih memang presentasi tadi sangat ancur!tapi mau bagaimana lagi, waktu yang diberikan juga cukup sempit. masuk ke sesi tanya jawab, inilah sesi paling menegangkan, karena disini setiap individu ditanya satu persatu. tapi alhamdulillah walaupun terengah-engah saya bisa menjawa bsemua pertanyaan yang diajukan, ucap syukur pada Allah. malah ada satu teman kami yang memang aktifis organisasi yang biasa berdebat malah seolah ‘membantai balik’ dosen2 tersebut sehingga tidak berkutik, suasana memangsangat menegangkan dan alot, sampai2 tidak terasa 1.5 jam kami berada di ruang seminar. krtika seminar dinyatakan selesai, waaahh.. hati ini lega rasanya, serasa sehabis berpuasa sebulan bertemu lebaran. serasa lepas semua beban, saya merasa ini beban satu semester, makanya ketika ini berakhir, serasa telah melewati klimaks dari semester ini. by the way sekarang saya sudah bisa berliburan di rumah. happy holiday…!!